news

Launching Maleber Olympic Center

22 Dec 2014 - thefootballicious.com




Untuk memfasilitasi pembinaan atlet Indonesia kedepan, pihak Yayasan Medco Foundation mendirikan Pusat Olah Raga tertinggi di Indonesia yang berlokasi di Kampung Maleber, RT 01, RW 02, Ciherang, Pacet, Kabupaten Cianjur. Tercatat Pusat Olah Raga berfasilitas lengkap itu dibangun di atas tanah berketinggian 1.200 meter dengan lahan seluas 20 hektare. "Tempat ini bagus untuk latihan karena posisinya tinggi sehingga bisa meningkatkan V02Max," ujar Pembina Maleber Olympic Center, Arifin Panigoro kepada wartawan di Cianjur.

Rencananya kedepan pusat olah raga ini menyediakan lapangan, asrama, dan sport science untuk  12 cabang olahraga seperti, sepak bola, renang, tenis lapangan, bulutangkis dan lainnya. Yang tujuannya untuk memfasilitasi para atlet, baik dalam dan luar negeri.

"Kedepan kami akan tambah lapangan lain, semoga kedepan jadi sarana latihan bola, dan bisa digunakan cabang lainnya. Tapi yang terpenting kedepannya dipelihara baik lagi dan diteruskan sampe jadi, khususnya," ucap Arifin.

Pembangunan Sports Center ini dalam prosesnya akan dibangun secara dua tahap. Yakni tahap I selama 5 tahun membangun lapangan in door, dan tahap berikutnya out door.

Menurut Direktur Maleber Olympic Center, Hadi Basalamah mengaku penggunaan sport science ini juga kedepannya bisa untuk atlet diluar sepak bola, apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. "Kita akan persiapkan semuanya, kita berharap PSSI juga bisa menikmati fasilitas ini. Dan untuk pembinaan jangka panjang cabor lainnya," tutur Hadi.

Lebih lanjut Hadi mengatakan, Pada tahap pertama, telah dibangun lapangan latihan yang berada diketinggian 1.200 mdpl. Lapangan yang diharapan bisa menjadi lokas latihan timnas ini menggunakan jenis rumput sama dengan lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

"Total areal disini 20 hektar. Saat ini baru satu lapangan yang sudah siap. Selanjutkan akan dibangun tiga lapangan lagi serta termasuk lokasi latihan cabang olahraga lain," kata pria yang ramah itu.

Setelah lapangan, kata dia, selanjutnya akan dibangun asrama pemain, kolam renang, lintasan atletik, tenis lapangan dan bulu tangkis. Semua berada dalam satu kompleks yang berada di areal perkebunan teh itu. "Kami ingin semuanya jadi satu sehingga akan memudahkan untuk pembinaan. Yang jelas, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun mencapai Rp100 miliar," katanya menambahkan.

Hadi menjelaskan, sport center jika semua fasilitas telah komplet selanjutnya akan dibuka untuk umum termasuk digunakan oleh tim-tim asal luar negeri. Bahkan saat ini tim asal Singapura dan Malaysia juga berminat menggunakannya.

Terkait dengan lokasi lapangan berada diketinggian, Pembina Maleber Olympic Center, Arifin Panigoro menegaskan jika sangat baik untuk pemain terutama dalam meningkatkan VO2Max. "Tempat ini bagus untuk latihan karena posisinya tinggi sehingga bisa meningkatkan V02Max," katanya.

Hal ini dipertegas oleh mantan fisioterapis timnas, Matias Ibo. Menurut dia, berlatih diketinggian yang kadar oksigennya lebih tipis memang akan membuat cepat lelah. Namun, jika dilakukan secara rutin dengan program yang jelas maka hasilnya akan bagus.
"Stamina akan jauh lebih kuat. Apalagi jika didukung dengan sistem latihan yang terukur. Hasilnya akan jauh lebih baik," katanya.

Peresmian lapangan sepak bola tertinggi di Indonesia ini tandangi dengan pertandingan persahabatan antara PSSI Pers melawan SFC. Selain itu beberapa pemain ISL seperti Atep, Taufik dan Ruben Sanadi.

Event olah raga ini dikelola oleh Footballicious, Sports Marketing & Consultant Agency di Jakarta, Indonesia

Search


Top Posts

Twitter

Twitter Footballicious Facebook Footballicious Youtube Footballicious Linkedin Footballicious