blog

Footballer’s Enemy = Injury (Bagian 1)

30 Apr 2015 - www.thefootballicious.com




Cedera is not fun…!!! Sebelum Final Piala Champions, Turnamen Piala Eropa, Piala Dunia, dan kejuaran bergengsi lainnya “Front Page” atau halaman depan dari media massa baik secara digital dan cetak dipenuhi dengan berita pemain-pemain bola yang tak bisa ikut di turnamen ini. Cedera is the enemy of Pro footballer walaupun dalam kompetisi di dalam negeri ini ada beberap pemain yang menggunakan alasan cedera agar tak harus terbang jauh-jauh.

Anyway, sepak bola seperti yang kita ketahui merupakan olahraga yang memerlukan “rapid acceleration/deceleration, single stance twists, single stand ballistic movements and aerobatic manouvers” yang artinya “gerakan cepat untuk mendadak berhenti/menambah kecepatan, berdiri 1 kaki sambil berputar, berdiri satu kaki dan menggerakkan tubuh dengan kecepatan tinggi, ditambah dengan gerakan aerobatic”.

Sepak bola tidaklah sesederhana itu, bukan hanya menendang bola ke gawang atau melakukan umpan saja. Latihan-latihan secara spesifik dan umum diperlukan agar pemain bola terbebas dari cedera. Saya di sini tak akan membahas mengenai pola latihan yang harus diberikan, yang saya akan tekankan ialah pemahaman mengenai cedera itu sendiri.

Biomekanisme gerakan yang terjadi pada sepak bola sangatlah kompleks dan rumit sehingga cedera pun gampang terjadi sehingga cedera pemain sepakbola 1000 kali lebih berisiko dibandingkan dengan pekerja industri. Mari membicarakan “EVIDENCE BASE INJURY”.

Riset menunjukkan bahwa ada 3 hal utama yang dapat memeengaruhi munculnya cedera pada pemain sepak bola:
1. Faktor Intrinsik, hal ini berkaitan dengan umur, fitness, skill level, dan cedera-cedera yang sudah pernah dialami sebelumnya
2. Faktor Extrinsik seperti jumlah latihan, kualitas dari latihan, tempat latihan, peralatan latihan, periodisasi dan training overload.
3. Violation of the rules (FOUL PLAY) atau pelanggaran yang terjadi di dalam lapangan

Riset juga menunjukkan bahwa sampai 87% cedera pada pemain bola terjadi di lower limb atau bagian kaki dimana 38% terjadi karena benturan langsung. Ini sangat menarik karena itu berarti cedera sebenarnya bisa dicegah terjadinya. Faktor biomekanisme gerakan di luar benturan langsung menjadi sangat menarik untuk dianalisa. Ini akan kita bahas di bagian 2 dari Footballers enemy = injury.


klik untuk memperbesar gambar


Penulis : Matias Ibo (@MatiasIbo)

Editor : Aji Wibowo (@Adjiok)

Matias Ibo adalah Sport Physio, Sport Exercise + Nutrition, Lower Limb Specialist and Sport Consultant

Baca 5 series artikel ini :
- FOOTBALLER’S ENEMY = INJURY (BAGIAN 1)
- FOOTBALLER’S ENEMY = INJURY (BAGIAN 2)
- FOOTBALLER’S ENEMY = INJURY (BAGIAN 3)
- FOOTBALLER’S ENEMY = INJURY (BAGIAN 4)

Search


Top Posts

Twitter

Twitter Footballicious Facebook Footballicious Youtube Footballicious Linkedin Footballicious