blog

Performa dan Psikologi

06 Apr 2015 - www.thefootballicious.com




Seorang trainer memberikan sugesti saat latihan kepada atlet yang cedera. Ucapkan dengan keras “Ketrampilan psikologis yang dimiliki seseorang akan mempercepat proses rehabilitasi”. Ucapkan lagi dengan keras “Ketrampilan psikologis yang dimiliki seseorang akan mempercepat proses rehabilitasi”.

Yang perlu diperhatikan dari kalimat sugestif di atas ialah bahwa tidak ada satu ketrampilan psikologis yang dapat membuat seorang menjadi sembuh. Ini sangat berbeda membantu dengan mempercepat. Beberapa skill atau keahlian yang diperlukan di sini berupa mental imagery, goal setting dan positive self-talk.

Pengetahuan dan skill yang memiliki kontribusi besar pada suksesnya rehabilitasi dari atlet yang cedera ialah adanya kemauan dari yang menderita cedera untuk mendengar. Ini hal terpenting yang harus ditanamkan ke dalam benak atau pikiran pemain. Pada saat cedera seorang pemain harus memiliki motivasi dan mau belajar bagaimana mengatasi cederanya.

Kuncinya terletak pada trainer yang memberikan latihan kepada atlet yang cedera. Bila seorang trainer dapat memberikan menjelaskan sesuatu secara jelas kepada yang dilatih dan bisa dimengerti, maka kunci kesuksesan dari sebuah latihan akan bisa dengan cepat diraih. Trainer dan yang cedera harus bisa membuat sebuah program latihan bersama agar si atlet dapat cepat pulih dan kembali lagi beraktivitas dan berkompetisi.

Lalu sekarang apakah itu Sport Psychology? Secara definisi adalah studi ilmiah mengenai manusia dan perilaku mereka di dalam konteks olahraga dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Dari sini bisa dilihat perilaku, kebiasaan, gaya hidup yang bisa dijadikan acuan sebagai prinsip dan panduan yang bisa digunakan seorang profesional untuk menolong individu tersebut dalam menyelesaikan masalah cederanya atau berpartisipasi dalam olahraga.

Dalam Sport Psychology ada 2 hal penting yang harus diperhatikan:
1. Bagaimana faktor-faktor psikologisl dapat memengaruhi performa individual
2. Adanya pengertian bagaimana partisipasi di olahraga dan latihan dapat memengaruhi perkembangan psikologis, kesehatan, dan kehidupan yang baik dari seseorang.

Skill terpenting yang bisa diajarkan kepada para pemain ialah:
1. Penetapan tujuan (Goal setting)
2. Rileksasi
3. Visualisasi
4. Self-talk
5. Awareness
6. Kendali diri
7. Konsentrasi
8. Kepercayaan diri
9. Using rituals
10. Attribution training
11. Periodisasi.

Rasa kuatir dan faktor-faktor negatif merupakan masalah psikologis yang akan selalu ada pada saat seorang atlet cedera. Respon dari seorang atlet terhadap cederanya itu dipengaruhi oleh baik faktor pribadi maupun dari lingkungannya. Faktor tambahannya ialah kelakuanya dan respon secara emosional yang memiliki efek terhadap mental dan pemulihan fisik dari cedera.

4 poin penting mengenai basic psychological skill akan saya bahas di bagian kedua dari artikel ini.


klik untuk memperbesar gambar


Penulis : Matias Ibo (@MatiasIbo)

Editor : Aji Wibowo (@Adjiok)

Matias Ibo adalah Sport Physio, Sport Exercise + Nutrition, Lower Limb Specialist and Sport Consultant

Search


Top Posts

Twitter

Twitter Footballicious Facebook Footballicious Youtube Footballicious Linkedin Footballicious