blog

Performance Analysis: Apa dan Bagaimana

24 Feb 2015 - www.thefootballicious.com




Apa itu Performance Analysis?


Apa yang dibutuhkan seseorang atau institusi untuk terus berkembang? Banyak yang akan menjawabnya: pengenalan diri dan pengenalan lingkungan. Pengenalan pada kekuatan, pada potensi, dan pada kekurangan yang masih bersemayam dalam dirinya. Hal ini mendorong seseorang untuk menilai dirinya dan lingkungannya secara terus menerus. Proses ini dewasa ini semakin maju dan semakin kompleks seiring kemajuan tehnologi.

Aktivitas menilai diri ini juga berlaku dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola. Performance Analysis atau analisis performa adalah metode yang biasa digunakan oleh pelatih atau manajer untuk memonitor performa seorang atlet, atau sebuah tim, baik sebelum, sesudah, ataupun saat pertandingan berlangsung. Performance analysis dapat dibagi ke dalam beberapa jenis yang masing-masing memiliki tujuan (goal) tersendiri, di antaranya:

Analisa pra-pertandingan (pre-match analysis): Analisa sebelum pertandingan biasanya fokus terhadap performa tim lawan dalam 3-5 pertandingan terakhir. Analisa ini diperlukan untuk menemukan kelemahan dan pola permainan tim lawan, yang nantinya akan digunakan untuk menyesuaikan taktik permainan agar dapat mengalahkan tim tersebut.

Analisa saat pertandingan berlangsung (live match analysis): Analisa ini bertujuan untuk mendapatkan data statistik (kuantitatif) dari sebuah pertandingan, seperti ball possession, jumlah passing, jumlah tackle, dsb. Hasil analisa ini akan digunakan oleh pelatih untuk memperbaiki performa pemain yang dapat dilakukan saat team meeting saat half time.

Analisa setelah pertandingan (post-match analysis): Analisa setelah pertandingan bertujuan untuk memperlihatkan performa pemain dari video yang diambil kepada para pemain itu sendiri. Cara ini bertujuan untuk mendiskusikan dimana kelemahan dan kesalahan teknis maupun taktik dari tim itu sendiri, yang nantinya akan langsung di diskusikan dengan para pemain untuk dapat di perbaiki dalam pertandingan yang akan datang.

Analisis performa baik individu ataupun tim sangat bermanfaat dan dapat menentukan sukses atau tidak nya sebuah pertandingan. Selain untuk memonitor pertandingan, performance analysis juga dapat digunakan untuk memonitor pemain baik secara tim maupun individu, yang biasanya dimanfaatkan untuk keperluan talent scouting. Perbedaan team analysis dan individual analysis adalah:

Team analysis: bertujuan untuk menganalisa performa sebuah tim, yang biasanya lebih fokus pada taktik dan pola permainan secara keseluruhan sebagai sebuah tim. Contohnya, fokus pada efektif atau tidak nya sebuah pola permainan yang telah ditetapkan oleh pelatih untuk tim tersebut.

Individual analysis: bertujuan untuk menganalisa performa sebuah tim yang fokus kepada satu pemain saja, atau pada satu posisi saja. Contohnya, fokus kepada pemain A dan pergerakannya di lapangan, atau hanya fokus pada pergerakan dan performa 4 pemain bertahan saja.

Bagaimana Perfomance Analysis Dilakukan?

Untuk mendapatkan data yang akurat dalam proses analisa performa seorang atlet/sebuah tim, dibutuhkan teknologi terkini dan pelatihan khusus bagi staff yang nantinya akan mengoperasikan teknologi tersebut. Pelatihan ini sangat dibutuhkan karena performance analysis sangat tergantung pada ketelitian staff yang akan menganalisa data yang didapatkan, dengan kata lain, performance analysis ini sangat bergantung pada profesionalitas orang yang mengoperasikan teknologi tersebut.

Pada kebanyakan klub bola professional, sebagai contohnya, mereka seringkali memiliki beberapa orang staff khusus performance analyst. Tugas dari para performance analyst ini adalah membuat laporan dan menyampaikan kelemahan dan kekuatan sebuah tim kepada pelatih/manajer. Laporan tersebut lah yang nantinya akan digunakan untuk memodifikasi latihan, mengganti taktik, dsb yang dapat membantu meningkatkan performa tim tersebut.

Salah satu performance analyst yang sedang naik daun di tanah Inggris adalah Laurence Stewart. Pria berusia 29 tahun ini bekerja dengan klub sepakbola Hull City yang bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan analisis performa dalam pertandingan Hull City. Prestasi Laurence ini telah dilirik oleh Roy Hodgson yang merekrutnya sebagai kepala analisis teknis (Head of Technical Analysis) untuk tim Nasional Inggris di piala dunia 2014 di Brazil.



Laurence Stewart (dengan inisial LS) dan laptop nya dalam proses analisa pertandingan Hull City FC

Teknologi yang digunakan dalam performance analysis tidak lain adalah kamera perekam HD (video recorder) dengan resolusi yang tinggi (HD) untuk memudahkan staff dalam menganalisa video yang dihasilkan. Selain itu, dibutuhkan juga laptop dengan prosesor tercepat untuk memudahkan proses loading data dengan kapasitas besar ke komputer (biasanya digunakan laptop MacBook Pro). Video tersebut kemudian diolah menggunakan software yang langsung dapat memberikan data statistik (kuantitatif) dari hasil rekaman tersebut. Data yang dihasilkan dari software tersebut adalah contohnya data jumlah passing, ball possession, jumlah pelanggaran/tackle, dan sebagainya. Performance analyst seperti Laurence Stewart pastinya menghabiskan banyak waktu di depan computer untuk menonton pertandingan tim nya baik secara live maupun yang sudah di rekam, yang nantinya akan di analisa.

Salah satu software yang biasa digunakan adalah Prozone, software yang sudah dipercaya oleh banyak klub sepak bola dan rugby dalam hal performance analysis sejak tahun 1995. Prozone merupakan salah satu pionir performance analysis yang telah dipakai oleh lebih dari 300 tim sepakbola dan rugby. Dalam sepakbola contohnya telah dipakai oleh kebanyakan klub besar seperti Arsenal, Chelsea dan Bayern Muenchen, bahkan juga dipakai oleh Tim Nasional Inggris dan Jerman.



Salah satu contoh layar dalam software Prozone yang menampilkan data yang didapat dari sebuah tim seperti ball possession, jumlah passing dan arah passing.



Contoh layar Prozone yang menampilkan pertandingan secara langsung (live) dengan teknologi kamera HD

References:

http://www.hulldailymail.co.uk/Hull-City-analyst-Laurence-Stewart-plotting/story-21203723-detail/story.html (Laurence Stewart)

http://www.footymatters.com/articles/features/the-crucial-role-of-performance-analysis-in-football/ (LS picture)

http://www.prozonesports.com/subsector/football/ (Prozone)

https://profctrials.wordpress.com/2011/05/06/prozone/ (Prozone pictures)

Performance Analysis Scheme

Klik gambar di atas untuk memperbesar

Penulis : Wafina Mario (@WafinaMario)

Wafina adalah pelajar jurusan Exercise and Sport Science minor in Sport Management di Edith Cowan University di Western Australia

Search


Top Posts

Twitter

Twitter Footballicious Facebook Footballicious Youtube Footballicious Linkedin Footballicious