blog

Point of view on Sport Science

12 Jan 2015 - www.thefootballicious.com




Sport merupakan sesuatu bentuk kegiatan yang gampang dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Mereka yang berolahraga pun berasal dari kalangan yang berbeda, beraneka ragam usia dan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Sport dapat bersifat amatir dan juga professional. Berbagai macam cara dan paya pun dilakukan setiap individu untuk terus meningkatkan prestasi atau personal best dirinya.

Bagaimanakah seseorang dapat meningkatkan personal best dirinya untuk menjadi jauh lebih baik sesuai dengan sport yang ditekuninya? Disini The Footballicious dan Go Active Go akan memberi pendapat dimana kedua brand olahraga ini berdiri di dunia sport science. Disini saya akan mengambil Sepakbola sebagai contoh.

Beberapa bagian penting dari sport science mencakup:
1. Hubungan antara nutrisi dan performa
2. Hubungan antara psychology dan performa
3. Hubungan antara physiotherapy dan soft tissue therapy
4. Periodization
5. Research and development
6. Strength and condition
7. Biomekanisme kerja tubuh
8. Team performa amalysis
9. Individual performa analysis
10. Personal branding

Unsur-unsur ini akan dijelaskan lebih lanjut secara mendetail di artikel-artikel ke depan. Bila dipikir secara sederhana maka permainan sepakbola itu sebenarnya bukan hanya sekedar menendang bola ke gawang atau berusaha mencetak gol. Latihan fisik atau latihan yang sama dan monoton tidak cukup untuk membuat seorang pemain bola berkembang. Unsur-unsur diatas akan membuat dia menjadi jauh lebih baik dan berkembang.

Footballicious dan Go active Go mendukung adanya sport science sebagai bagian dari pelatihan sebuah tim Sepakbola. Sport Science sudah harus diperkenalkan sejak usia dini. Selayaknya seorang bayi mulai dengan susu dan semakin usianya bertambah baru akan mulai mengkonsumsi daging demikian pula dengan Sepakbola. Sejak usia dini pengenalan akan komponen-komponen bola sangat diperlukan. Dimulai misalnya dengan hal yang paling sederhana seperti arahan pola makan, apa yang harus dikonsumsi sebelum bertanding, saat bertanding dan sesudah bertanding agar gizi yang dimasukkan ke dalam tubuh benar2 maximal. Dari sini baru dikembangkan secara perlahan dalam aplikasinya di lapangan misalnya mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi sebelum latihan dengan intensitas yang tinggi.

At the end sport science menjadi bagian vital untuk kemajuan sebuah tim Sepakbola dan semua individual yang terloibat di dalamnya. Tulisan-tulisan kedepan akan mengupas sport science secara detail atau akan disebut dengan term “football science”.

Penulis : Matias Ibo (@MatiasIbo)

Matias Ibo adalah Sport Physio, Sport Exercise + Nutrition, Lower Limb Specialist and Sport Consultant

Search


Top Posts

Twitter

Twitter Footballicious Facebook Footballicious Youtube Footballicious Linkedin Footballicious